Apa sih kegagalan itu ??


Hmm .. Langsung aja nih, tanpa basa basi lagi ..

Semua orang pasti pernah gagal .. pernah mengalami kegagalan dalam melakukan suatu hal . Seperti pelajar, pernah gagal mendapatkan nilai bagus untuk ulangan di sekolah . Seperti mahasiswa, pernah gagal dalam pembuatan skripsi atau tertundanya waktu kelulusan . Seperti wirausahawan, pernah gagal dalam usahanya . Intinya semua orang pasti pernah mengalami kegagalan, gak mungkin kan hidup kita ini mulus-mulus aja .

Kegagalan itu sesuatu yang wajar, menurut saya . Tapi mungkin bagi sebagian orang di luar sana, kegagalan adalah suatu hal yang tidak bisa diterima . Ya, saya memang bilang kegagalan adalah sesuatu yang wajar, tapi dalam praktek menghadapi kegagalan pun saya merasa down . Mengapa itu bisa terjadi pada diri saya ? Saya melakukan renungan, merenungkan diri saya sendiri, apa-apa yang terjadi dalam diri saya, dan saya dapatkan jawabannya . Jawabannya adalah, karena saya memberikan diri saya tekanan, saya sangat mendambakan kesuksesan dalam segala hal yang saya lakukan . Mungkin ini yang dinamakan ambisi .

Saya mengenal ambisi, mulai dari ketika saya duduk di kelas 9 . Saya aku diri saya memiliki ambisi cukup tinggi . Alasannya kenapa ? Kenapa ? Karena pertama dalam diri saya sendiri meminta saya untuk berambisi, kedua untuk orang-orang yang saya sayangi saya ingin mendapat yang baik dan kalau bisa terbaik mungkin, ketiga karena toh begitu saya lihat dunia di luar saya, semua jadi begitu membuat saya tercengang dengan ambisi-ambisi mereka . Saya tidak bisa berpangku tangan melihat diri saya tetap monoton saja sementara yang lain sedang berlomba-lomba memajukan diri .

Jadi ketika saya mengalami kegagalan, seperti yang saya bilang di atas, saya cukup down . Yang saya sorot disini bukan kegagalan yang saya alami, tetapi bagaimana proses seseorang untuk bangkit dari sebuah kegagalan . Perlu diingat kalau setiap orang berbeda-beda cara dalam menghadapi kegagalan . Tidak semua orang mampu bangkit dari sebuah kegagalan . Mereka mungkin saja terus menerus gagal ke tahap yang lebih parah lagi, atau berhasil memperbaiki kegagalan itu menjadi sebuah kesuksesan .

Disini saya ingin mengatakan kalau,

kegagalan harusnya kita jadikan sebagai pemacu kita untuk meraih bintang . Kita pasti bisa, semua orang pasti bisa .. bisa mencapai kesuksesan dengan sebelumnya mengalami kegagalan . Ataupun di puncak kesuksesan, semua orang bisa gagal . Hidup itu seperti roda berputar, hidupmu tak mungkin selamanya di atas, juga tak mungkin selamanya di bawah .

Tuhan pasti selalu menyertai kita, dan memberi pada kita yang terbaik .

Bagi anda yang sedang mengalami kegagalan dan membaca tulisan saya ini, semoga dapat menjadi motivasi bagi kita semua . Mari kita bersama-sama Bangkit dari kegagalan untuk Menggapai Kesuksesan !!!

GBu all ..

Leave a Reply

